Minggu, 23 Desember 2012

Tugas Softskil Pembangunan Koperasi

--> Bab 12 . Pembanguan Koperasi
 Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang  
Kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengembangkan koperasi di Negara berkembang adalah sebagai berikut : 
  1. Sering koperasi , hanya dianggap sebagai organisasi swadaya yang otonom partisipatif dan demokratis dari rakyat kecil seperti petani  
  2. Disamping itu ada berbagai pendapat dan diskusi yang controversial mengenai keberhasilan dan kegagalan serta dampak koperasi terhadap proses pembangungan ekonomi sosial di negara- negara  dunia ketiga merupakan alasan yang mendesak untuk mengadakan perbaikan tatacara evaluasi atas organisasi - organisasi swadaya koperasi . 
  3. Kriteria yang dipergunakan untuk mengevaluasi koperasi seperti perkembangan anggota dan hasil penjualan koperasi kepada anggota , pangsa pasar penjualan koperasi , modal penyertaan para anggota , cadangan SHU , rabat dan sebagainya telah dan sering dan telah dan masih sering digunakan sebagai indikator mengenai efesiensi koperasi . 
Cara mengatasi perbedaan tersebut dengan menciptakan 3 kondisi yaitu 
  •  Koqnisi
  • Aspeksi
  • Psikomotor
Pembangunan Koperasi Di Indonesia
Sejarah kelahiran dan berkembangnya koperasi di negara maju dan negara berkembang sangat netral . Dibarat lahir sebagai gerakakn untuk melawan ketidakadilan pasar , oleh karena itu tumbuh dan berkembang dalam suasana persaingan pasar . Bahkan dengan kekuatannya itu koperasi meraih posisi tawar dan kedudukan penting dalam konstelesi kebijakan ekonomi termasuk tumbuh kemudian sebagai tuntutan masyarakat koperasi dalam rangka melindungi dirinya .
Dinegara berkembang koperasi dirasa perlu dihadirkan dalam rangka membangun instutusi yang dapat menjadi mitra negara dalam menggerakkan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat .Oleh karena itu kesadaran antara kesamaan dan kemuliaan tujuan negara dan gerakan koperasi dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat ditonjolkan di negara berkembang baik oleh pemerintah kolonial maupun pemerintah bangsa sendiri setelah kemerdekaan , berbagai peraturan perundangan yang mengatur koperasi dilahirkan dengan maksud mempercepat pengenalan koperasi dan memberikan arah bagi perkembangan koperasi serta dukungan / perlindungan yang diperlukan .
Pembangunan koperasi dapoat diartikan sebagai proses sebagai proses perubahan yang menyangkut kehidupan perkoperasian Indonesia guna mencapai kesejqahteraan anggotanya . Tujuan pembangunan koperasi di indonesia adalah menciptakan keadaan masyarakat khususnya anggota koperasi agar mampu mengurus dirinya sendiri .
A.Permasalahan dalam Pembangunan Koperasi
Koperasi bukan sekumpulan modal , dengan demikian tujuan pokoknya harus benar- benar mengabdi utnuk kepentingan anggota dan masyarakt disekitarnya . Pembangunan Koperasi di Indonesia dihadapkan pada dua pokok masalah .
1.       Masalah internal koperasi antara lain : kurqangnya pemahaman anggota akan manfaat koperasi dan pengetahuaan tentang kewajiban sebagai anggotanya . Harus ada sekelompok orang yang punay kepentingan ekonomi yang bersedia bekerja sama dan mengadakan ikatan sosial .
2.       Masalah eksternal lainnya iklim yang kurang mendukung pertumbuhan koperasi belum selaras dengan kehendak anggota koperasi , seperti kebijakan pemerintah yang jelas dan efektif untuk perjuangan koperasi .
B. Kunci Pembangunan Koperasi
Untuk meningkatkan kuualitas koperasi , diperlukan keterkaitan timbal balik antara manajemen profesional dan dukungan kepercayaan dari anggota . Mengingat tantangan yang harus dihadapi koperasi pada waktu yang akan datang semakin besar , maka koperasi perlu dikelola dengan menerapkan manajemen kaidah efektivitas dan efesiensi. Untuk keperluan ini , koperasi dan pembinaan koperasi perlu melakukan pembinaan dan pendidikan yang lebih intensif utnuk tugas – tugas operasional . Dalam melaksanakan tugas tersebut , apabila belum mempunyai tenaga profesional yang tetap dapt dilakukan dengan dilakukan bekerja sama dengan lembaga – lembaga pendidikan yang terkait .

Sumber  :  http://dwiidol.blogspot.com/2012/09/pembangunan-koperasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar