Jumat, 07 Desember 2012

Tugas Softskill Organisasi dan Manajemen


Bab III . Manajemen dan Organisasi Koperasi
Dari tujuan organisasi koperasi yang telah ditetapkan , maka pengurus koperasi dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan baik . Bahkan , karena semua tujuan koperasi tergolong lebih mulia dibandingkan dengan tujuan bentuk – bentuk perusahaan lainnya , maka tidak dapat tidak , pengurus koperasi dituntut melakukan pengelolaan yang jauh lebih baik . Demikian pula dengan tekad koperasi untuk menjadi suatu bentuk perusahaan yang demokratis . Pengelolaan perusahaan yang menganut prinsip demokratis tentu harus lebih baik dari pada pengelolaan perusahaan yang tidak mengatur prinsip demikian . Agar kegiatan usaha koperasi berhasil dengan baik maka harus didukung oleh manajemen yang baik dan organisasi yang tangguh .
1.       Manajemen Koperasi
Manajemen merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap organisasi . Sebagaimana diketahui , hakikat manajemen ialah mencapai tujuan dengan tangan orang lain . Pencapaian tujuan dengan tangan orang lain itu dilakukan oleh manajemen dengan melaksanakan fungsi – fungsi manajemen , yaitu fungsi perencanaan , fungsi pengorganisasian , fungsi pelaksanaan . dan fungsi pengawasan . Dengan demikian , keberhasilan manajemen sebuah organisasi akan sangat tergantung pada pelaksanaan masing – masing fungsi tersebut .
a)      Fungsi Perencanaan
Perencanaan adalah proses perumusan program beserta anggarannya yang harus dilakukan oleh sebuah koperasi sebagai tindak lanjut dari pelaksanan strategi yang hendak dilaksanakan . Sebagai tindak lanjut dari strategi , maka pelaksanaan fungsi perencanaan dalam sebuah organisasi koperasi harus secara konsisten mengacu pada tujuan dan misi koperasi tesebut . Dengan kata lain , perencanaan bukanlah hanya sekedar pengungkapan keinginan , melainkan merupakan pengejewantahan dari strategi yang telah dipertimbangkan .

b)      Fungsi Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah pembagian tugas dan wewenang dalam koperasi di antara para pelaku yang bertanggungjawab atas pelaksanaan rencana – rencana koperasi itu .

Dalam garis besarnya , jenis struktur organisasi dibedakan atas struktur fungsional , struktur unit usaha , dan struktur matriks . Struktur fungsional adalah yang membagi wewenang pengelolaan koperasi berdasarkan fungsi – fungsinya . Struktur unit usaha ialah yang membagi wewenang pengelolaan koperasi berdasarkan unit- unit usahanya dan struktur matriks ialah gabungan antara struktur fungsional dan struktur unit usaha .  

Masing – masing jenis struktur tersebut tentu memiliki kelemahan serta kekurangan masing – masing . Sekedar pedoman , 2 hal penting yang perlu dipertimbangkan pengurus dalam hal struktur organisasi adalah :
1)      Efektifitas  struktur organisasi tersebut dapat dilihat dari segi pencapaian tujuan koperasi
2)      Efektifitas struktur organisasi itu dapat dilihat dari segi biaya penyelenggaraannya . Koperasi yang masih kecil dan yang hanya menyelenggarakan satu unit usaha , biasanya cukup diselenggarakn dengan menggunakan struktur fungsional .
c)       Fungsi pelaksanaan
Pelaksanaan ialah proses penerapan rencana – rencana koperasi oleh masing – masing fungsi atau unsur dalam organisasi koperasi . Aspek terpenting pada tahap pelaksanaan ini ialah aspek koordinasi dan monitoring .

Dengan melakukan koordinasi , maka berbagai unsur dalam organisasi diupayakan untuk bekerja saling bahu – membahu dalam mencapai tujuan koperasi . Dalam garis besarnya , unsur – unsur yang terlibat pada tahap pengelola dan karyawan koperasi .
Secara keseluruhan , tanggung jawab fungsi pelaksanaan merupakan tanggung jawab pengurus koperasi . Tetapi , karena pengurus tidak dapat melaksanakan semua tugasnya tanpa bantuan orang lain , maka pengurus memiliki wewenang untuk mengangkat pengelola sebagai pelaksana harian manajemen koperasi . Sehubungan dengan tugas yang dipikulnya itu , maka seorang pengelola harus mempunyai wawasan dan kemampuan bisnis koperasi dengan sebaik – baiknya .
d)      Fungsi Pengawasan
Pengawasan ialah upaya yang dilakukan oleh kewenangan yang lebih tinggi , untuk mengukur tingkat kesesuaian antara rencana yang telah ditetapkan dengan hasil yang telah dicapai .

Dalam fungsi kepengawasannya , pengawas koperasi bias meminta bantuan tenaga ahli (dalam hal ini akuntan public ) untuk mengungkapan terjadinya penyalahgunaan wewenang atau terjadinya penyelewengan yang dilakukan pengurus koperasi .Walaupun pelaksanaan kegiatan pengawasan dilimpahkan kepada pihak lain , namun fungsi dan tanggung jawab pelaksanaan pengawasan tetap berada di tangan pengawas .
2.       Struktur Organisasi Koperasi
Struktur  organisasi koperasi sebenarnya tidak hanya mencakup segi intern koperasi , tetapi meliputi segala aspek eksternnya . Yang dimaksud dengan segi intern organisasi koperasi adalah struktur organisasi koperasi yang meliputi unsur – unsur kelengkapan yang ada di dalam organisasi koperasi tersebut .
Sedangakn yang dimaksud dengan segi intern koperasi ialah hubungan dan kedudukan koperasi terhadap  koperasi laiinya . baik yang setingkat maupub dengan koperasi yang lebih tinggi .

a.       Struktur Intern Organisasi Koperasi
Sebagaimana telah disinggung di muka , struktur intern organisasi koperasi pada garis besarnya terdiri dari 3 unsur berikut :
                                            I.            Unsur – unsur alat perlengkapan organisasi koperasi meliputi
1)      Rapat Anggota Koperasi
2)      Pengurus Koperasi
3)      Pengawas Koperasi
                                          II.            Unsur – unsur pelaskana teknis yaitu manajer dan karyawan koperasi lainnya
                                        III.            Unsur – unsur penasihat
b.      Struktur Ekstern Organisasi Koperasi
Dari segi ekstern , beberapa koperasi primer ( koperasi yang beranggotakan sekurang – kurangnya 20 orang  )dapat mengadakan penggabungan dengan beberapa koperasi yang ada di lingkungannya , sehingga membentuk koperasi pusat misalnya kita mengenal Pusat Koperasi Pegawai Negeri .
Sumber : Drs. Subandi M.M, Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik ), Alfabeta CV, Bandung , 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar